Jadi Inovator, Ini Guru PPKn Dan Kepala SMA/SMK Berprestasi Tingkat Nasional Di Kalsel

SHARE

PRESTASI membanggakan ditoreh guru dan kepala sekolah di Kalimantan Selatan dalam momen peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2021 di level nasional.

DI EVEN gelaran Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dan Mahkamah Konstitusi (MK) RI di Jakarta, akhir November 2021.

Guru PPKn berprestasi tingkat nasional tahun 2021 untuk kategori khusus dari MK RI; Rudian Jamil dari SLB Negeri 1 Martapura, Kalsel merebut posisi juara II dalam Anugerah Konstitusi X Tahun 2021. Sedangkan pada kompetisi apresiasi Kepala SMA/SMK terbaik tingkat nasional diwakili dua kepala sekolah asal Kalsel.

Mereka adalah Herry Fitriyadi, Kepala SMKN 2 Amuntai Kabupaten HSU sebagai peserta terbaik kategori Kepala SMK Inspiratif di HGN. Sementara, Indra Wijaya (Kepala SMA Plus Citra Madinatul Ilmi Banjarbaru) sebagai Kepala SMA Inspiratif tingkat nasional 2021.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalsel, HM Yusuf Effendi mengaku bangga dan mengapresiasi torehan prestasi guru PPKn dan dua kepala sekolah di Kalsel.

 

“Kompetisi kepala sekolah inspiratif dalam peringatan HGN 2021 digelar Kemendikbud Ristek khususnya Ditjen Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus dan Mahkamah Konstitusi membuktikan jika para pendidik dan kepala sekolah di Kalsel bisa merebut prestasi nasional baik,” kata Yusuf Effendi kepada jejakrekam.com, Minggu (28/11/2021) malam.

Dengan adanya itu, Yusuf berharap para guru dan kepala sekolah berprestasi bisa ditiru para koleganya di sekolah-sekolah, sehingga memotivasi untuk memberi yang terbaik bagi Banua.

“Memang, di situasi pandemi Covid-19 ini, aktivitas pembelajaran terhambat. Tapi, guru tentu harus pandai mencari inovasi agar materi pembelajaran bisa tersampaikan dengan baik,” kata mantan Kepala Disdikbud HSS ini.

Bagi Yusuf, dengan kemajuan informasi teknologi maka model-model pembelajaran yang efektif bisa terus dimanfaatkan para guru dan kepala sekolah.

“Kreativitas pembelajaran itu juga bisa berdampak positif terhadap para peserta didik di sekolah. Untuk itu, saya melalui Disdikbud Kalsel tentu berharap agar para guru dan kepala sekolah bisa menjadi innovator dalam sistem pembelajaran di sekolah,” pungkasnya.(jejakrekam)