UPTD Taman Budaya Sukses Selenggarakan Ragam Pesona Budaya Banjar Tahun 2021

SHARE

Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Kalimantan Selatan (Kalsel) sukses menggelar kegiatan puncak Ragam Pesona Budaya Banjar Tahun 2021, di Kabupaten Banjar, Senin (29/11/2021).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalsel, M Yusuf Effendi, mengapresiasi program yang bertujuan untuk melestarikan seni budaya di Banua itu.

“Hal ini dapat menjadi wadah para seniman di seluruh Kalsel untuk mengembangkan dan juga dapat melestarikan kebudayaan yang kita miliki,” ucap Yusuf.

Sementara itu, Kepala UPTD Taman Budaya Kalsel, Suharyanti, mengatakan program tahunan tersebut telah berjalan mulai bulan Maret lalu.

“Dan, pada hari ini merupakan penutupan dari program kegiatan yang telah berjalan selama delapan bulan lamanya,” tutur Suharyanti.

Suharyanti menyebutkan, pertunjukan seni yang digelar seperti pameran seni rupa, pagelaran seni musik, seni tari, seni teater dan wayang Banjar. Selain itu juga ada perlombaan, seperti puisi, tari anak, menganyam purun dan pantun.

“Dengan melibatkan 167 komunitas seni yang ada di Kalimantan Selatan,” ujar Suharyanti.

Ragam Pesona Banjar juga menampilkan kesenian tradisional Kabupaten Hulu Sungai Tengah, “Bapantul”, yang dibawakan oleh Sanggar Lawang Banjarmasin dan berkolaborasi dengan The Panas Band dengan judul lakon “Mangguyang Tongkat, Kena Kepala”.

Suharyanti berharap, pagelaran seni kerja sama antara Taman Budaya dan seniman dapat terus terjalin, sebagai wadah untuk berkarya.

“Taman Budaya akan selalu memberi ruang kepada para seniman di Kalsel dan menunggu karya-karya seni nya. Itu semua sebagai bentuk pelestarian dan pengembangan seni budaya di Kalimantan Selatan,” kata Suharyanti. MC Kalsel/usu